Minggu, 26 Januari 2020

Jarak Temui Kapolda Adukan Laporan Waket DPRD TTU

JARAK TEMUI KAPOLDA
ADUKAN LAPORAN WAKET DPRD TTU


POS KUPANG.COM, KUPANG -- Jaringan Rakyat Anti Korupsi (Jarak) Nusa Tenggara Timur (NTT), yang diwakili oleh Viktor Manbait dan Paul SinlaEloE, Jumat (31/8/2012) kemarin menemui Kapolda NTT, Brigjen (Pol) Ricky HP Sitohang.

Mereka menemui Kapolda berkaitan dengan laporan yang Jarak sampaikan kepada Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT pada Senin (25/6/2012) lalu, tentang dugaan pemerasan yang dilakukan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten TTU, HFS terhadap Kepala SDK 2 Maubesi, Petrus Lopo, A.Ma, Pd, berupa uang Rp 50 Juta.

Laporan itu belum ditindaklanjuti, tetapi Viktor malah dipanggil oleh pihak penyidik di kepolisian TTU, berdasarkan adanya laporan bahwa dia telah melakukan pencemaran nama baik terhadap HFS.

"Saya diperiksa sebagai saksi terlapor dugaan pencemaran nama baik. Laporan terhadap saya dilakukan hanya berdasarkan pemberitaan di media massa. Kami pertanyakan, karena ada surat edaran dari Bareskrim (Badan Reserse Kriminal, red) sejak tahun 2005, bahwa ketika ada masyarakat yang melaporkan dugaan korupsi, maka kepolisian atau aparat penegak hukum memprioritaskan penanganan dugaan korupsinya. Kalaupun kemudian ada yang melaporkan dugaan pencemaran nama baik, tetap ditangani tetapi lebih difokuskan pada bagaimana menggali informasi yang berkaitan dengan dugaan korupsi itu serta bukti-buktinya. Bukannya malah mengaburkan dugaan korupsinya," kata Viktor, saat ditemui di Mapolda NTT, Jumat (31/8/2012)

Dirinya kata dia, telah memenuhi panggilan dari penyidik kepolisian TTU. Dia menilai, hal seperti itu bisa membunuh keberanian masyarakat untuk berperan serta di dalam pencegahan dan pemberantasan tindakan korupsi. Pada hal di sisi lainnya kata dia, semua aparat penegak hukum mendorong masyarakat untuk berperan serta di dalam pencegahan dan pemebenrantasan tindakan korupsi.

"Hal inilah yang ingin kami informasikan kepada Bapak Kapolda. Juga berkaitan dengan surat dari Bareskrim tahun 2005 lalu itu, untuk perlindungan saksi yang melapor dugaan korupsi," kata Viktor. (ser)
TRANSLATE
English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
OMong POLitik:
Pertemuan antara para saudagar dengan para pekerja politik, biasanya diakhiri dengan persekongkolan untuk melawan kepentingan publik dan atau permufakatan jahat untuk mengangkangi hak politik rakyat, demi lestarinya dinasti politik...

POPULER MINGGU INI:

AKTIVITAS
 BUKU: PENANGANAN KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: MEMAHAMI SURAT DAKWAAN