Selasa, 03 Maret 2020

Paul SinlaEloE: Makin Serius Menjadi Penulis Buku

PAUL SINLAELOE: MAKIN SERIUS MENJADI PENULIS BUKU
https://www.teropongntt.com/paul-sinlaeloe-makin-serius-menjadi-penulis-buku/, Senin 19 Maret 2018

TEROPONGNTT, KUPANG — Nama lengkapnya adalah Marthen Luther Johannes Paul SinlaEloE. Namun, ia  lebih dikenal dengan sapaan Paul SinlaEloE. Ditengah kesibukannya sebagai aktivis PIAR NTT, pria kelahiran Kupang, 31 Oktober 1973 ini ternyata telah menulis empat buku dan kini makin serius menjadi penulis buku.

Keempat buku yang telah ditulis Paul SinlaEloE adalah, “Memahami Surat Dakwaan”, “Tindak Pidana Perdagangan Orang”, “Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang” dan “Penyelesaian alternatif kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga”.  Keempat buku ini menunjukan perhatian Paul SinlaEloE pada pentingnya pemahaman hukum dan penerapannya dalam kasus-kasus tindak pidana perdagangan orang atau human trafficking.

Marthen Luther Johannes Paul SinlaEloE menyelesaikan penddikan sarjana (S1)  pada program studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Kristen Artha Wacana (FH UKAW) Kupang pada tahun 2003. Sejak tahun 2004 bergabung dengan Perkumpulan Pengembangan Inisiatif Advokasi rakyat (PIAT) NTT, dan kini menangani Divisi Advokasi.

Ditemui saat sedang berada di kawasan kantor DPRD Provinsi NTT, Senin (19/3/2018), Paul SinlaEloE tampak asik berdiskusi lepas bersama beberapa wartawan terkait penanganan dan pencegahan tindak pidana perdagangan orang di Nusa tenggara Timur (NTT). Paul SinlaEloE memang dikenal sebagai aktivis LSM yang hoby berdiskusi baik dalam masalah hukum maupun persoalan politik, pembangunan dan lainnya.

Selain empat buku yang telah diterbitkan, kini Marthen Luther Johannes Paul SinlaEloE tengah tekun menulis buku berikutnya. Bagi pria berdarah Rote Ndao ini, menulis buku menjadi ketekunan baru selain aktivitasnya di PIAR NTT. Menulis buku menjadi upayanya untuk saling berbagi pengetahuan kepada orang lain.

“Sudah empat buku yang saya tulis dan sekarang sedang menyelesaikan buku kelima yang berjudul, “Penanganan Korban Tindak Pidana Perdagangan Orang’ Semoga menambah pemahaman bagi pembaca dalam melihat suatu kasus tindak pidana terutama kasus perdgangan orang,” kata Paul SinlaEloE.

Rupanya, pria yang selalu tampil penuh semangat ini makin serius menjadi penulis buku. Ia juga makin rajin belajar dan mempelajari berbagai literatur serta berdiskusi dengan para pakar hukum untuk menambah wawasannya guna dituangkan dalam buku yang ditulisnya. Selamat menulis…!!!. (max)
TRANSLATE
English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
OMong POLitik:
Pertemuan antara para saudagar dengan para pekerja politik, biasanya diakhiri dengan persekongkolan untuk melawan kepentingan publik dan atau permufakatan jahat untuk mengangkangi hak politik rakyat, demi lestarinya dinasti politik...

POPULER MINGGU INI:

AKTIVITAS
 BUKU: PENANGANAN KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: MEMAHAMI SURAT DAKWAAN