Senin, 24 Februari 2020

Peran Aktif Masyarakat Sangat Dibutuhkan Untuk Pencegahan dan Penanganan Human Trafficking

PERAN AKTIF MASYARAKAT SANGAT DIBUTUHKAN
UNTUK PENCEGAHAN DAN PENANGANAN HUMAN TRAFFICKING

TEROPONGNTT, KUPANG - Pasal 57 UU nomor 21 tahun 2017 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang  (PTPPO) menyebutkan, selain pemerintah daerah, masyarakat merupakan salah satu komponen stakeholder yang memiliki kewajiban untuk melakukan pencegahan perdagangan orang.

Hal tersebut dikatakan Koordinator Devisi Anti Korupsi PIAR NTT, Paul SinlaEloE, saat membawakan materi pada acara Dialog Bersama Masyarakat dari Tujuh Kelurahandi Kecamatan Oebobo, yang diselenggarakan Lembaga Rumah Perempuan Kupang, di Hotel Olive Kupang, Senin (30/10/2017). Paul SinlaEloE membawakan materi tentang pencegahan dan penanganan perdagangan.


Menurut Paul SinlaEloE, sesuai UU nomor 21 tahun 2017 tersebut, peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan untuk pencegahan dan penanganan human trafficking, selain peran pemerintah.

Dikatakan Paul SinlaEloE, dalam pasal 60 ayat 1 dan 2 ,juga disinggung mengenai keterlibatan masyarakat yang keberadaannya sangat penting dalam melakukan upaya pencegahan dan penanganan masalah perdagangan orang. Apalagi masalah perdagangan orang sering terjadi setiap tahunnya.

Dalam pencegahan dan penanganan tindak pidana perdagangan orang, kata Paul SinlaEloE, tentunya tidak bisa dilakukan sendiri. Untuk itu, dalam upaya pencegahan, hal penting yang perlu dilakukan yakni harus teroganisir. Masyarakat perlu membangun koordinasi dengan stakeholder terkait, yakni pemerintah, tokoh masyarakat, LSM maupun pihak-pihak terkait lainnya.

“Masyarakat yang terlibat dalam pencegahan tindak pidana perdagangan orang, sesuai amanat undang-undang, patut mendapat perlindungan hukum. Pencegahan tindak pidana perdagangan orang perlu bertindak adil, walaupun pelaku adalah keluarga kita, tetap perlu diproses. Karena melakukan perdagangan orang, berarti sudah melanggar Undang-Undang nomor 21 tahun 2017,” kata Paul SinlaEloE. (lia)
TRANSLATE
English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
OMong POLitik:
Pertemuan antara para saudagar dengan para pekerja politik, biasanya diakhiri dengan persekongkolan untuk melawan kepentingan publik dan atau permufakatan jahat untuk mengangkangi hak politik rakyat, demi lestarinya dinasti politik...

POPULER MINGGU INI:

AKTIVITAS
 BUKU: PENANGANAN KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: MEMAHAMI SURAT DAKWAAN