Minggu, 09 Februari 2020

Jangan Kriminalisasi Pemberatasan Korupsi

JANGAN KRIMINALISASI PEMBERATASAN KORUPSI


Media Group: Zonalinenews-Kupang, - Koalisi Masyarakat Sipil Selamatkan KPK Nusa Tenggara Timur menolak keras tindakan yang dilakukan Bareskrim Mabes POLRI menentang Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto Hari Jumat, 23 Januan 2015 lalu. Proses penangkapan ini dimulai sebagai upaya perlawanan balik POLRI karena KPK sebelumnya menetapkan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka kasus korupsi. Demikian disampaikan Kordinator Devisi Anti Korupsi Piar NTT, Paul SinlaEloE selasa 28 Januari 2015.Dikatakannya, perlawanan POLRI terhadap KPK adalah upaya menghalang-halangi, penegakan hukum dan pemberantasan korupsi. Dengan ditangkapnya Wakil Ketua KPK, proses penyelesaian perkara korupsi yang melibatkan Komjen Budi Gunawan akan terhambat.

Lebih jauh lagi Menurut Paul, upaya kriminalisasi ini adalah upaya pelemahan terhadap KPK. Tindakan POLRI yang dipindahkan Wakil Ketua KPK adalah tindakan yang sangat tidak tepat. Karena momentumnya dipercepat dengan upaya pengusutan, percikan korupsi yang melibatkan perwira tinggi POLRI. Hal ini juga menandakan bahwa lnstitusi POLRI tidak pro dengan pemberantasan korupsi.

"Publik juga akan menyetujui kebijakan POLRI sebagai ganti kepentingan dan memenangkan kepentingan tersangka bukan sebaliknya pemberantasan korupsi," kata Paul.

Ia menjelaskan, Presiden Joko Widodo adalah pihak yang bertanggung jawab atas konflik ini. Pasalnya Presiden Joko Widodo terkesan mendiamkan konftil KPK - Kepolisian yang terus berkembang menembus Budi Gunawan sebagai tersangka. Presiden harus mengambii sikap dan melindungi KPK dari segala bentuk perjuangan dan pelemahan terhadap KPK.

Paul menguraikan, publik akan mengingat dan menerbitkan sejarah kelam pemberantasan korupsi jika Presiden yang merupakan panglima terdepan dalam pemberantasan korupsi malah diam kompilasi kerja pemberantasan korupsi dilipat oleh Kepolisian yang langsung mengalihkan perjanjian sebagai Presiden.

“Presiden harus ingat kisah Cicak VS Buaya ditahun 2010. Dua pimpinan KPK difinalisasi oleh Kepolisian membuat kerja-kerja KPK menjadi lumpuh. Jika Presiden tidak sigap melakukan tantangan, KPK lumpuh berpeluang menjadi nyata. Jika hal tersebut terjadi, Pemerintah akan dicap sebagai Pemerintahan yang tidak pro dengan pemberantasan korupsi. Bahkan, dicap sebagai pemerintahan yang pro pelemahan KPK. Karenanya Presiden harus bertindak dan mendukung KPK sebagai bentuk pertanggungjawaban jhwaban untuk pultik atas konftik KPK - Kepolisian., ”Tegas Paul.

Tak ada jalan lain selain Presiden turun tangan untuk dibuka Komjen Budi Gunawan dan bebaskan Bambang Widjojanto. “Stop mencoba kriminalisasi KPK..ll,” ungkap Paul.

Koalisi Masyarakat Sipil Menyambut Komisi Pemberantasan Korupsi NTT merupakan gabungan dari beberapa komunitas, yakni: PIAR NTT, IRGSC, Rumah Perempuan Kupang, LBH APIK, JPIT, PMKRI Cabang Kupang, GMKI Cabang Kupang, serta FRPGK NTT. (* tim)
TRANSLATE
English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
OMong POLitik:
Pertemuan antara para saudagar dengan para pekerja politik, biasanya diakhiri dengan persekongkolan untuk melawan kepentingan publik dan atau permufakatan jahat untuk mengangkangi hak politik rakyat, demi lestarinya dinasti politik...

POPULER MINGGU INI:

AKTIVITAS
 BUKU: PENANGANAN KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: MEMAHAMI SURAT DAKWAAN