Minggu, 16 Februari 2020

Paralegal Harus Berani Menegakkan Keadilan

PARALEGAL HARUS BERANI
MENEGAKKAN KEADILAN


Zonalinenews – Kupang. “Untuk menjadi Paralegal, seseorang paling tidak harus mengikuti pendidikan paralegal, baik pendidikan dasar, maupun pendidikan lanjutan. Selain itu harus memegang kode etik, antara lain menjunjung tinggi nilai keadilan, kebenaran dan hak asasi manusia, serta  memiliki rasa percaya diri dan keberanian, untuk menegakkan keadilan dengan berbagai resiko, serta tidak menyalahgunakan peranannya untuk kepentingan pribadi maupun kelompok.”


Demikian  dikatakan staf divisi anti korupsi PIAR Nusa Tenggrara Timur (NTT), Paul Sinlaeloe saat memberikan  materi peranan paralegal dalam melakukan advokasi pada pelatihan paralegal bagi tokoh agama di Kelurahan Nefonaek kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang NTT, Jumat 25 Oktober 2013 Jam 9.00 Wita.


Kegiatan pelatihan diikuti 20 tokoh lintas agama yang diselenggarakan Rumah Perempuan dan didukung oleh Brot For Die Welt (BFDW). Paralegal terdiri dari, Pemimpin komunitas, Ketua suku, Pemuka agama,  Tokoh pemuda, Mahasiswa, Aktifis, Serikat Buruh, Aktifis Serikat Tani, Guru, dan Anggota komunitas serta masyarakat lainnya.


Menurut Paul, Paralegal perlu berperan aktif dalam mendorong terciptanya peluang keadilan bagi masyarakat miskin, karena  masih banyak masyarakat yang tidak mengerti  hukum dan tertindas, untuk itu paralegal, terutama para tokoh agama yang hidup berbaur di masyarakat agar bisa memperjuangkan haknya melalui pemberian bantuan hukum.


Peran paralegal adalah memberikan bimbingan, melakukan mediasi dan nasehat hukum serta memediasi perselisihan yang timbul diantara anggota masyarakat serta menjalin hubungan kerja dengan organisasi serta individu-individu (wartawan, peneliti, dan lain-lain) guna mendapatkan dukungan terhadap masalah yang dihadapi masyarakat,” kata Paul.

Tugas lain dari paralegal  menurut Paul adalah  mengadvokasi dengan cara  mengangkat persoalan yang dihadapi masyarakat kepermukaan, sehingga diperhatikan oleh para pembuat keputusan dan bisa mempengaruhi keputusan tersebut.

“Dalam hal ini yang dimungkinkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku. paralegal juga dapat mewakili, mendampingi dan/atau memberikan bantuan hukum pada masyarakat atau perseorangan dalam penyelesaian kasus dihadapan pemerintah, pengadilan atau forum-forum peradilan lainnya,” kata Paul (*Hayer).


TRANSLATE
English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
OMong POLitik:
Pertemuan antara para saudagar dengan para pekerja politik, biasanya diakhiri dengan persekongkolan untuk melawan kepentingan publik dan atau permufakatan jahat untuk mengangkangi hak politik rakyat, demi lestarinya dinasti politik...

POPULER MINGGU INI:

AKTIVITAS
 BUKU: PENANGANAN KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: MEMAHAMI SURAT DAKWAAN