Senin, 17 Februari 2020

PSB Lakukan Pengawasan di Sekolah Negeri

PSB LAKUKAN PENGAWASAN DI SEKOLAH NEGERI

Kupang-SI.  Antispasi pungutan liar (pungli) yang sering dilakukan oleh pihak sekolah tingkat SMP, dan SMA/SMK Negeri di Kota Kupang dalam Penerimaan Siswa Baru (PSB), maka  Tim pemantau penerimaan peserta didik baru tahun 2014-2015 akan melakukan pemantauan di  10 Sekolah negeri  yang ada di Kota Kupang.

Tim Pemantau penerimaan siswa baru ini terdiri dari Dinas PPO Kota Kupang, Dewan pendidikan Provinsi NTT, Dewan pendidikan Kota Kupang, PIAR NTT, Bengkel APPek, dan Ombusdman RI Perwakilan NTT. Hal ini dikatakan, Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man kepada wartawan di Kupang.

Menurutnya, sekolah yang menjadi sasaran pemantauan dan pengawasan dari tim adalah,  SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 5 dan SMKN 1 serta SMKN 2. sedangkan untuk tingkat SMP yakni SMPN 1, SMPN 2, SMPN 5 dan SMPN 8.

Ia mengaku, beberapa persoalan yang kerap terjadi setiap tahun dalam penerimaan siswa baru khusus disekolah negeri karena cukup membludaknya pendaftar pada sekolah tertentu, dan kesempatan itu sering ada sekolah yang melakukan pungutan, baik itu uang pendaftaran  maupun sumbangan dengan dalih untuk pembelian meja kursi. Hal ini yang dinilai sangat memberatkan orang tua peserta didik maka itu tim yang dibentuk akan mengawasinya .

Ia mengatakan, selain melarang adanya pungutan, pemerintaha Kota Kupang juga membatasi jumlah siswa dalam setiap rombongan belajar. Untuk, TK/RA maximal  25 orang perkelas, SD/MI 32 orang perkelas, SMP/MTs 32 orang perkelas, SMPBL sebanyak 8 orang perkelas, SMA/MA sebanyak 34 orang perkelas, SMALB sebanyak 8 orang perkelas, dan SMK 34 orang perkelas.

"Pembatasan itu untuk menghindari menumpuknya siswa pada sekolah negeri yang ada, sedangkan sekolah swasta tidak kebagian siswa," Kata Hermanus..

Sementara perwakilan dari PIAR NTT, Paul Sinlaeloe mengatakan  dalam pengawasan penerimaan siswa baru, Tim yang yeng tergabung akan memasang binder di 10 sekolah yang lengkap dengan nomor kontak pengaduan jika ada orang tua siswa mengalami hal tersebut maka langsung menghubungi. (TIM)

TRANSLATE
English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
OMong POLitik:
Pertemuan antara para saudagar dengan para pekerja politik, biasanya diakhiri dengan persekongkolan untuk melawan kepentingan publik dan atau permufakatan jahat untuk mengangkangi hak politik rakyat, demi lestarinya dinasti politik...

POPULER MINGGU INI:

AKTIVITAS
 BUKU: PENANGANAN KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: MEMAHAMI SURAT DAKWAAN