Jumat, 07 Februari 2020

TKW Korban Penyekapan Di Medan Pernah Lapor Polisi Tapi Didiamkan

TKW KORBAN PENYEKAPAN DI MEDAN PERNAH LAPOR POLISI TAPI DIDIAMKAN


Kupang—Lintasntt.com:: Kematian dua tenaga kerja wanita (TKW) asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang disekap di Medan, Sumatera Utara, bisa dipindahkan jika polisi menindaklanjuti laporan korban.

Laporan penyekapan TKW yang disampaikan Eri Ndun, salah satu korban penyekapan yang berhasil meloloskan diri dan dikembalikan ke Kupang pada tanggal 18 Januari 2013. Ia kemudian datangi Polda Nusa Tenggara Timur untuk menyiarkan penyekapan pada 5 Februari 2013 dengan nomor laporan LP/32/II/2013/SPKT.

Dalam laporan ke polisi, Eri meminta tiga hal yang diperjuangkan gajinya yang belum pernah diperolehnya selama bekerja, kepastian hukum atas laporan perjuangan yang menimpa sendiri, meminta pihak kepolisian segera memulangkan kawan-kawannya.

Sesuai laporan Eri kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Penguatan Institusi dan Advokasi Rakyat (PIAR) NTT mengatakan, ia bersama 25 perempuan dari berbagai kampung di pedalaman Nusa Tenggara Timur menjadi korban perdagangan manusia dan dieksap di Medan. “Tidak berhasil demi jaringan perdagangan manusia ini tidak dilakukan oleh pihak kepolisian,” kata Paul Sinlaeloe, aktivis PIAR NTT.

Menurut Eri, ia menentang diri sendiri karena tidak tahan terhadap siksaan yang dilakukan majikan mereka. Eri melepaskan diri dengan cara melompat dari lantai 4 gedung mereka disekap pada malam pergantian tahun baru 2013. Beruntung ia selamat.

Saat itu menurut Dia, kadang-kadang datang ke lokasi kejadian, namun tidak ada tindaklanjut. Eri akhrinya kembali ke Kupang dalam kondisi sakit. Eri dan teman-teman bekerja di rumah sarang burung walet di Jalan Brigjen Katamso Gang Family No. 77 dan 79, Lingkungan I, Kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor. Mereka disekap oleh majikan bernama Mohar, 45. Karena tidak ada tindaklanjut dari polisi, dua rekan Eri yaitu Marni Baun dan Rista Bota berlalu. Rista dan Marni meninggal di Rumah Sakit Methodis Jln. Thamrin Medan dalam waktu yang berbeda.

Diketahui saat sakit dan tidak tertolong saat dibawa ke rumah sakit. Akan tetapi dugaan Erni, dua sahabatnya itu ditinggal dipicu mengikuti pertengkaran. Sebenarnya kata Dia, masyarakat yang tinggal di dekat lokasi penyekapan pernah melaporkan kejadian penyekapan TKW di Polresta Medan, tidak ditindaklanjuti. Wartawan koran lokal Iblis (Detektif Pemantauan) bahkan sempat mengeluarkan seorang korban bernama Ida Sonbaee dari rumah Mohar pada tanggal 5 Juli 2013.

Wartawan ini bahkan melibatkan pihak Polsek Deli Tua, Medan. Polsek Deli Tua membantah teman-teman Ida yang lain Alasannya, menyanyikan berita dan teman-teman hanya beropini untuk mengeluarkan teman-teman Ida yang mengeluarkan 25 orang itu. (Sumber: satutimor.com)
TRANSLATE
English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
OMong POLitik:
Pertemuan antara para saudagar dengan para pekerja politik, biasanya diakhiri dengan persekongkolan untuk melawan kepentingan publik dan atau permufakatan jahat untuk mengangkangi hak politik rakyat, demi lestarinya dinasti politik...

POPULER MINGGU INI:

AKTIVITAS
 BUKU: PENANGANAN KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: MEMAHAMI SURAT DAKWAAN