Jumat, 07 Februari 2020

Warga NTT Peringati 40 Hari "Cebongan Berdarah"

WARGA NTT PERINGATI 40 HARI "CEBONGAN BERDARAH"



RMOL.ID -  Warga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, memperingati 40 hari kematian empat tahanan asal provinsi kepulauan itu, yang dibantai dalam insiden di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II Cebongan, Yogyakarta, Senin (6/5).

Peringatan dikemas dalam ibadah bersama bertema 'Refleksi Matinya Penegakan Hukum', yang diprakarsai Koalisi Warga Negara untuk Tragedi Yogyakarta.


"Peringatan ini sebagai tanda berduka dan juga tanda tanya kami terhadap keberadaan Republik Indonesia. Di tengah teror dan penyalahgunaan kekuasaan oleh berbagai elit di seluruh institusi kenegaraan, kami masih berharap bahwa cahaya kemanusiaan dan kebangsaan masih mampu melawan kegelapan," kata anggota Koalisi Warga Negara untuk Tragedi Yoyakarta Paul SinlaEloE, di Kupang.

Acara yang digelar taman Nostalgia lokasi Gong Perdamaian Nusantara itu, melibatkan juga warga Nusa Tenggara Timur dari berbagai etnis dan agama untuk bersatu dalam ibadah bersama, termasuk berdoa untuk arwah anggota Kopassus yang menjadi korban di Hugo's Cafe.

Paul mengatakan hingga 40 hari tragedi itu terjadi, belum ada satu pun institusi di Indonesia yang mampu mengungkapkan apa yang sebenarnya telah terjadi dan meletakannya dalam konteks hukum kenegaraan. Ini merupakan tragedi bersama.

"Tragedi Yogyakarta semakin menegaskan matinya penegakkan hukum di Indonesia," katanya.

Menurut Paul, Koalisi Warga Negara untuk Tragedi Yogyakarta menolak skenario hitam di Yogyakarta yang lebih mendorong konflik horizontal daripada meletakaan persoalan ini dalam koridor hukum negara. "Atas nama kemanusiaan dan rasa kebangsaan Indonesia, kami mengajak semua pihak untuk tetap menjunjung tinggi hukum negara," ujarnya.

Tragedi pembunuhan yang menimpa empat warga NTT yang dilakukan 11 anggota Kopassus pada 23 Maret 2013, telah mencabut nyawa empat tahanan masing-masing Gamaliel Yemi Tarto Rohi Riwu, Hendrik Angel Sahetapy, Yohanes Yuan Manbait dan Andrianus Sandra galaja. [ant/dem].
TRANSLATE
English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
OMong POLitik:
Pertemuan antara para saudagar dengan para pekerja politik, biasanya diakhiri dengan persekongkolan untuk melawan kepentingan publik dan atau permufakatan jahat untuk mengangkangi hak politik rakyat, demi lestarinya dinasti politik...

POPULER MINGGU INI:

AKTIVITAS
 BUKU: PENANGANAN KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG
BUKU: MEMAHAMI SURAT DAKWAAN